Plt Bupati Deliserdang Serahkan Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah


 DELISERDANG  BNN – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Deliserdang, HM Ali Yusuf Siregar menyerahkan bantuan Tahap II (Oktober dan November 2023) kepada penerima Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) kepada Keluarga Risiko Stunting Kabupaten Deliserdang melalui PT Pos Kantor Cabang Utama (KCU) Medan di Kecamatan Patumbak, Kamis (30/11/2023).

Penyerahan bantuan yang dilakukan di halaman Kantor Camat Patumbak tersebut diperuntukkanb bagi 767 Keluarga Risiko Stunting (KRS).

Dalam arahannya, Plt Bupati yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Deliserdang, mengatakan untuk mewujudkan visi Deliserdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya religius dan rukun dalam kebhinekaan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang terus melakukan berbagai upaya untuk menyelesaikan masalah-masalah di masyarakat, salah satunya stunting.

“Untuk Kabupaten Deliserdang, persentase stunting sekarang berada di kisaran 13 persen. Masih di bawah persentase Provinsi Sumatera Utara dan kabupaten/kota lain di Sumatera Utara,” jelas Plt Bupati.

Tahun 2023, Bapanas berdasarkan surat Sekretaris Kabinet Republik Indonesia No.B.0441/SESKAB/EKON/09/2023, Tanggal 2 September 2023, tentang Percepatan Pelaksanaan Bantuan Pangan Beras dan Bantuan Pangan untuk Stunting, ID FOOD, PT Pos Indonesia, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Deliserdang dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Deli Sedang telah bekerjasama dalam penyaluran bantuan tersebut.

“Saya berharap semoga penyaluran cadangan pangan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dan tepat sasaran, sehingga dapat membantu mengurangi dan mempercepat penurunan stunting di Kabupaten Deliserdang,” harap Plt Bupati.

Plt Bupati mengajak masyarakat dan pihak terkait lainnya untuk mendukung agar penyaluran CPP yang merupakan program pemerintah pusat ini dapat berlanjut, sehingga target prevalensi stunting 14 persen tahun 2024 dapat segera tercapai,” tutup Plt Bupati.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Deliserdang, TM Zaki Aufa SSos MAP dalam laporannya menyampaikan penyaluran bantuan tersebut dilakukan dalam dua tahap. Pertama, pada bulan Maret, April dan Mei (tiga bulan), sebanyak 6.513 KRS dan sudah selesai dilaksanakan.

“Alhamdulillah, keluar lagi tahap kedua untuk bulan September, Oktober dan November. Bulan September sudah diterima dan pada ini sekaligus diberikan untuk bulan Oktober dan November. Di Kabupaten Deliserdang penerima bantuan pada tahap kedua ini bertambah sebanyak 12.392 KRS,” rincinya.

Bantuan yang diberikan, antara lain satu paket berisi satu ekor ayam (daging ayam utuh beku) siap masak dan 10 butir telur. Pemkab Deliserdang telah berupaya mengusulkan agar bantuan-bantuan pemerintah pusat bisa terus diterima masyarakat Deliserdang,

“Jadi ini diterima dua paket untuk KRS. Yang diserahkan nantinya merupakan bantuan dari pemerintah pusat untuk menjaga agar program percepatan pencegahan stunting di seluruh Indonesia. Selain bantuan pemerintah pusat, Pemkab Deliserdang juga sudah menganggarkan dana agar masyarakat tidak ada lagi terkena risiko stunting,” paparnya.

Di tempat yang sama, Eksekutif General Manager PT Pos KCU Medan, Mujiono menjelaskan keterkaitan PT Pos dalam penyaluran Bantuan CPP tersebut, yakni diberi penugasan oleh pemerintah untuk mendukung program-program pemerintah. Salah satunya dari Bapanas untuk penyaluran bantuan cadangan pangan.

“Ada dua sebenarnya bantuan cadangan pangan itu, pertama berbentuk beras 10 kilogram dan kedua untuk penanggulangan dampak stunting, yaitu berupa telur 10 butir dan karkas (daging ayam dengan potongan tubuh ayam utuh tanpa bulu, kepala, jeroan dan kaki) siap masak,” terangnya.

PT Pos sudah melaksanakan penyaluran sejak awal bulan November sampai saat ini dengan realisasi sebesar 76 persen dan akan ditargetkan pada 5 Desember 2023, selesai 100 persen.

Hadir pada kegiatan tersebut, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, M Ari Mulyawan Simatupang SH MAP; Kepala Dinas P3AP2KB, Dr Dra Hj Miska Gewasari MM; Kadis Pertanian, Rahman Saleh Dongoran SP MSi; Kadis Perindustrian dan Perdagangan, Putra Jaya Manalu SE MM.

Selain itu, Kadis Perikanan, Drs Iwan Januar Salewa; Kadis Koperasi dan UKM, Adela Sari Lubis STr Keb MKM; Camat Patumbak, M Kennedy Tarigan SSTP MSi bersama unsur Muspika; para kepala desa dan lainnya.(bnn 02)

 

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *