Lepas Kontingen Deliserdang Ikuti LT V di Cibubur, Bupati Ashari: Tunjukkan Kita Kabupaten Pramuka


LUBUKPAKAM BNN – Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan melepas kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) Deli Serdang utusan Kwartir Daerah (Kwarda) Sumatera Utara untuk mengikuti Lomba Tingkat V (LT-V) Nasional, di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (14/6/2023).

Pada pelepasan yang diadakan di Aula Cendana Lantai II, Kantor Bupati Deli Serdang dan dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar; anggota DPRD Deli Serdang yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Deli Serdang, H Ismayadi SH, unsur Mabicab Kwarcab Deli Serdang, para Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Deli Serdang, Andalan Kwarcab Deli Serdang, pelatih, pembina dan pendamping serta orangtua peserta, Bupati menyatakan dukungan penuh Gerakan Pramuka Regu Berprestasi Kwarcab Deli Serdang dalam mengikuti Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Lima (LT-V) yang diselenggarakan, pada Sabtu, 17 Juni 2023 sampai Jumat, 23 Juni 2023.

“Bawalah nama baik, citra, wajah Sumatera Utara, khususnya Kabupaten Deli Serdang pada perlombaan nanti. Tunjukkan kepada masyarakat luar, Pramuka Provinsi Sumatera Utara, khususnya Pramuka Kabupaten Deli Serdang adalah pramuka yang tangkas, guyub, unggul dan harmonis,” kata Bupati.

Perlombaan LT-V Tahun 2023, sebut Bupati, merupakan sarana untuk mencapai tujuan pendidikan Pramuka Indonesia, dengan membentuk karakter/kepribadian, akhlak yang mulia, menanamkan rasa cinta tanah air, menggali potensi diri dan meningkatkan keterampilan para generasi muda, sehingga menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara.

Selain itu, LT-V juga sebagai tolak ukur untuk perkembangan dan mutu pembinaan Pramuka Penggalang, serta wahana eksistensi bagi penggalang yang telah berprestasi di kwartir cabang dan kwartir daerah masing-masing.

“Membangun Regu Tangguh merupakan tema yang dipilih dalam Perlombaan Tingkat Regu Pramuka Penggalang Lima tahun 2023 ini. Sesuai tema tersebut, diharapkan mengikuti perlombaan dengan aktif, serius dan disiplin. Timbalah pengalaman persahabatan bersama anggota Pramuka dari daerah lainnya dan jadikanlah itu sebagai bekal dalam membina jiwa kepramukaan,” pesan Bupati.

Bupati juga menekankan kepada kontingen Deli Serdang, baik Regu Banteng (Putra) dan Regu Matahari (Putri), untuk selalu berpartisipasi aktif pada setiap kegiatan.

“Jaga stamina dan ikuti setiap perlombaan dengan rasa persaudaraan, penuh suka cita, serta selalu jaga nama baik Gerakan Pramuka Kwarcab Deli Serdang. Mari kita tunjukkan Deli Serdang adalah Kabupaten Pramuka,” Kata Bupati

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengingatkan jika dalam dua pekan ke depan, Kabupaten Deli Serdang akan merayakan ulang tahun ke-77, yang mengusung tema, “Bangga Menjadi Warga Deli Serdang”.

“Tema ini tepat dengan apa yang menjadi harapan dan kenyataan. Kenapa kita tidak bangga menjadi warga Deli Serdang? Kita memang harus bangga jadi warga Deli Serdang. Deli Serdang adalah kabupaten satu-satunya yang mengirim dua regu sekaligus ke Jakarta, bahkan dari Kwarran yang sama. Saya pikir, masih banyak prestasi-prestasi lain yang membuat bangga menjadi warga Deli Serdanga,” jelas Bupati.

Sebelumnya, Pimpinan Kontingen Cabang (Pinkoncab), Boby Indra Prayoga menjelaskan pada LT-V tahun 2023 ini akan digelar 27 perlombaan, antara lain lomba beregu, seperti baris berbaris menggunakan aba-aba peluit, halang rintang, coding, robotik, P3K, membuat obat tradisional, tradisional scouting (sandi, semboyan, semaphore, packing, panorama, petapita, peta kompas/orientering) dan perorangan mengatasnamakan regunya, seperti wall climbing, melukis, renang, hasta karya, memanah dan lainnya.

Selain itu, ada kegiatan non lomba, antara lain pentas seni, masakan daerah, karnaval.

“Peserta LT-V ini dari Kwarran Lubuk Pakam Gugus Depan (Gudep) 16.013 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Lubuk Pakam, yang tergabung dalam Regu Banteng Putra (delapan orang) dan Regu Matahari Putri (delapan orang), telah melewati tahapan-tahapan mulai lomba tinggat I sampai tingkat IV dengan meraih regu berprestasi tinggi di setiap tingkatannya. Besok (15 Juni 2023), peserta akan dilepas Ketua Kwarda Sumatera Utara dan selesai acara, rombongan akan langsung ke Bandara Kualanamu menuju Jakarta,” jelas mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Deli Serdang ini.(BNN 03)

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *