Sekda Serahkan Zakat Harta ke Baznas Kabupaten Deliserdang


DELISERDANG  BNN – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deliserdang Timur Tumanggor, SSos MAP menyerahkan zakat harta/ mal kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Deliserdang di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati Deliserdang, Lubuk Pakam, Senin (1/4/2024).

Selain Sekda, para pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang juga ikut menyerahkan zakat hartanya kepada Baznas Kabupaten Deliserdang.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda mengatakan berzakat merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim. Zakat dipandang sebagai ibadah istimewa yang mempunyai dua dimensi dalam pelaksanaannya.

Pertama dimensi vertikal, pada dimensi ini zakat merupakan wujud ketaatan dan kepatuhan seorang hamba kepada Allah SWT. Kedua, dimensi horizontal, pada dimensi ini zakat memberikan efek material berupa pemberian harta kepada sesama sebagai wujud kasih sayang dan ikatan tali persaudaraan.

“Melalui berzakat, kita dapat mewujudkan rasa syukur dan terima kasih atas segala berkah yang dianugerahkan oleh Allah SWT dan dengan berzakat juga kita dapat memperkuat fondasi keimanan, menolong kaum dhuafa, serta mensucikan jiwa dari sifat kikir, hingga meningkatkan ketenangan batin,” ujarnya.

Oleh karenanya, tambah Sekda, penyaluran zakat penghasilan Baznas Kabupaten Deliserdang yang kita laksanakan ini bukan hanya sekedar menunaikan kewajiban, akan tetapi lebih dari itu juga merupakan sarana untuk membersihkan harta dari sifat-sifat kikir serta sebagai bentuk solidaritas sosial di antara sesama umat manusia.

“Dengan menunaikan zakat, kita dapat membantu mengurangi kesenjangan sosial sebagai salah satu upaya kita dalam pengelolaan dan kepedulian kesejahteraan kehidupan masyarakat,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, atas nama Pemkab Deliserdang, Sekda mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh jajaran Baznas yang telah bekerja sama secara optimal, bersih, amanah, dan profesional serta dapat membuat program-program pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan umat salah satunya kegiatan penyerahan zakat harta ini.

“Saya berharap, program penyerahan zakat harta ini dapat terus berkelanjutan sehingga zakat benar-benar dapat dirasakan manfaatnya dan menjadi pendongkrak ekonomi serta penopang kehidupan masyarakat. Saya juga mengajak seluruh pemimpin organisasi perangkat daerah (OPD) dan seluruh ASN di lingkungan Pemkab Deliserdang agar senantiasa menyalurkan zakat hartanya di lembaga resmi Baznas Kabupaten Deliserdang,” tambahnya.

Sekda berpesan agar dapat memberikan kebahagiaan kepada mustahiq dan semoga zakat yang di keluarkan menyempurnakan ibadah  kita serta meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Deliserdang, KH Amir Panatagama SPdI; Ketua Baznas Kabupaten Deliserdang, H Surya Putra dan para pejabat Pemkab Deliserdang.(bnn 02)

 

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *